Friday 19 June 2015

Ranu Kumbolo ( di Kaki gunung Semeru )

Ranu Kumbolo captured by dehuji ( panarorama )
Ini adalah perjalanan pertama bagiku dengan tema pegunungan, perjalanan yang gak akan mudah untuk di lupakan, klo di inget inget lagi pasti ketawa-ketawa sendiri pas inget kejadian waktu itu.
kenapa bisa gitu? karena ini adalah perjalanan yang gak pernah di rencanain, boro - boro di rencanain di pikirin aja nggak sama sekali. ahahaha

Nah gini ni ceritanya, waktu itu ada acara kedokteran bedah indonesia, P2B2 ( Pengenalan Profesi Bedah Berkelanjutan ) XII yang di selenggarakan oleh PABI di Hotel Harris Malang, acara berlangsung dari hari rabu - jumat, nah pada hari jumat saya pesan tiket untuk pulang ke jakarta. kebetulan semua tiket ke jakarta untuk hari sabtu - minggu sold out semua maskapai. Karena di  minggu ini ada hari jumat yang kecepit jadi otomatis jadi long weekend. dan Malang adalah salah satu kota yang banyak tempat wisata untuk daerah jawa timur. bukan cuma tiket yang sold out bahkan untuk cari hotel atau guess house aja setengah mati kita dibuatnya. setiap malam kami terpaksa pindah - pindah hotel karena available cuma 1 malam dan sudah di booking oleh para wisatawan lainnya. karena bingung hari sabtu dan minggu harus kemana akhirnya tanya - tanya sama temen. Dan kebetulan lagi :) ada salah satu temen yang bilang " ikut kita aja bro hari sabtu kita mau ke ranu kumbolo "  sambil tersenyum dan agak bingung saya pun bertanya " ranu kumbolo itu dimana ya " dan dia menjawab " di Gunung Semeru bro udah ikut aja nanti gak usah bayar kebetulan kita orangnya sedikit" saya pun sambil kebingungan bertanya lagi " wahhh ke gunung....tapi kan gak ada persiapan" dan dia pun kembali menegaskan " tenang cuma di kaki gunung semeru aja kok, cukup bawa jaket sama sarung tangan aja" dan akhirnya saya setuju untuk ikut daripada gak ada kerjaan hari sabtu minggu ini.

Senang, Bingung bercampur aduk rasanya karena seumur umur belum pernah naik gunung kan. akhirnya saya kembali bertanya kepada teman-teman yang berpengalaman pernah naik gunung apa aja list wajib yang di bawa  pada saat naik gunung. ini dia yang harus dibawa:

Perlengkapan untuk para Pendaki ( Naik Gunung )
  • Madu dan Coklat ( katanya untuk tambahan kalori di perjalanan )
  • Tissue Basah dan Tissue kering ( untuk cuci muka dan mck karena keterbatasan air di gunung)
  • Air Mineral ( buat minum pastinya, di irit minumnya hehee perjalanan jauh)
  • Senter ( bawa 2 batere cadangan )
  •  Jas Ujan dispossible ( sekali pakai bila mau yang praktis  )
  • Tenda
  • Matras
  • Sleeping Bag
  • Sarung tangan ( bulu angsa, synthetic high-loft, dan fleece populer dengan istilah "polar") bila gunung dengan derajat ekstrim pilih sarung tangan yang anti air
  • Penutup Kepala atau Kupluk ( intinya untuk menjaga kehangatan pada telinga
  • bandana ( pelindung leher serbaguna)
  • Jaket ( bulu angsa, synthetic high-loft, dan fleece populer dengan istilah "polar")
  • kompor portable dan peralatan masak lainya
  • Safety boots
  • makanan yang dan minuman untuk malam hari
  • kantong plastik untuk sampah makanan dan minuman dibawa lagi turun
*list diatas hanya list rekomendasi saja bila ada kekurangan harap di maklumi, hehee

Perjalanan Di Mulai

Candi Jago ( Jajaghu )

Sebelum kita ke ranu kumbolo pasti kita ke desa Tumpang untuk sewa jeep yang akan membawa kita menuju lokasi. desa tumpang dari pusat kota Malang sekitar 22 km ke arah timur. nah biasa pada saat ramai seperti ini kita antri untuk sewa jeep jadi sambil nunggu bisa ke candi jago sebentar. Candi ini biasa di kenal oleh warga setempat dengan istilah " Cungkup " yang maksudnya adalah suatu bentuk bangunan yang di keramatkan.

Kapasitas jeep bisa nampung banyak  orang ( max 20 ) seperti pada di foto dibawah ini, jadi bisa sharing cost untuk penyewaan jeep ini dengan pendaki lainnya. karena harga sewa jeep lumayan mahal sekitar 600rb sekali jalan.

Perjalanan naik jeep memakan waktu cukup lama bukan karena jauhnya tapi karena jalan yang kurang memadai, tapi semua itu terobati dengan pemandangan indah spanjang perjalanan menuju post pertama yaitu ranu pani.

Setelah perjalanan panjang akhirnya tiba di ranu pani kami pun bergegas turun dan makan siang sebentar di rumah makan yang ada di post ranu pani ini, setelah makan dan berkumpul semua anggota, akhirnya kami menuju ranu kumbolo.

Semua dari kami tersenyum dan berdoa menurut kepercayaan masing - masing untuk kelancaran perjalanan ini. berdoa mulai... Amin.
nah untuk sampai ke ranu kumbolo ada 4 pos istirahat yang bisa kita temui di perjalanan

Pos 1 ke pos 2 perjalanan lumayan panjang karena menanjak, lalu pos 2 ke pos 3 perjalanan yang paling cepat, pos 3 ke 4 ini juga lumayan lama karena selain jauh juga perjalanan menanjak. setelah melewati pos 3 dan menuju pos 4 maka akan terlihat danau ranu kumbolo dari atas.

Kami tiba sore hari pas magrib sekitar pukul 18:00, keadaan gelap dan kami saling mencari anggota yg lain karena terpisah pada saat perjalanan, kebetulan pendaki pada hari itu sangat banyak jadi butuh waktu 30 menit untuk menemukan teman-eman lainnya,setelah mendirikan tenda kami pun bergegas menyalakan kompor portable dan memasak. ada nasi, mie instan, coklat panas, roti, kornet , katom, telur rebus, abon, udang yang dikeringkan... alhamdulillah... entah kenapa makanan ini terasa lebih nikmat dari biasanya... kami semua makan dengan lahap dan akhirnya kami ke tenda masing - masing untuk istirahat.

Di malam hari saya dan teman setenda khususnya tidak bisa tidur, karena udara dingin yang sangat amat.  kami paksakan untuk tidur namun lagi lagi hawa dingin membangunkan kami lagi, bukan salah tempatnya tapi salah kami tidak membawa sleeping bag, karena menurut rekan saya yang berpengalaman biasanya tidak pernah sedingin ini... konyolnya kami memasukan kompor portable ke tenda agar mendapat kehangatan, tapi tidak bisa lama - lama karena ditakutkan oksigen habis dan habis dalam tenda dan hanya tersisa karbonmonoksida. bisa bisa kami keracunan. ahahaha ,jadi kami sarankan bawa sleeping bag dan penghangat seperti rekomendasi diatas untuk menghindari hipotermia.

Tidak heran tadi malam kami menggigil kedinginan, ternyata suhu mencapai -1 derajat celcius sehingga pada pagi hari kami melihat rerumputan yang menjadi bunga es.
dan ini penampakan danau ranu kumbolo pada pagi hari yang masih di selimuti kabut :)

Subhanallah... indah sekali,.. rasanya lelah perjalanan kemarin terbayar sudah saat terbangun dan melihat danau di pagi hari.

Sungguh... kemunculan sang Mentari sangat di nanti di pagi ini karena suhu begitu dingin, tak lama akhirnya matahari terbit juga dan kami tidak ingin kehilangan moment ini, jpret..jpret..hehehe

Kelestarian danau in masih terjaga, bahkan ikan ikan pun bisa hidup di danau ini. ada yang bilang air danau ini bisa di minum karena tidak ada sampah sekalipun di danau ini, semoga kelestarian danau ini selalu terjaga.

Setelah sarapan kami pun mengabadikan moment ini dengan berfoto bersama. dan pastinya foto masing - masing hehehee

Danau Ranu kumbolo - captured by dehuji ( panorama )

Persiapan pulang dan beres - beres tenda, kami pun bergegas untuk pulang. sarapan penting untuk mengisi stamina lagi karena perjalanan pulang pun masih panjang.

Karena letak danau ranu kumbolo dibawah saat pulang kita pun mendaki sedikit untuk kembali ke jalur pulang. akhirnnya setelah 4-5 jam perjalanan kami pun tiba di pos ranu pani dan langsung istrahat dan makan siang. setelah itu menunggu jemputan jeep dan kembali ke malang. sekian Terima Kasih  ^_^

1 comment:

Unknown said...

Alhamdulillah, Terima Kasih.. jazakallah khairan..Mp Blogger..Blog anda bagus dan Informatif.. terus berkarya indonesiaku

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...