Monday 15 June 2015

Notifikasi ILahi




Notification itu apa?
saya rasa hampir semua anak muda di jaman ini mengerti apa itu Notification,
dalam bahasa bisa di artikan pemberitahuan, pengingat, laporan atau pemberitaan.
sudah tidak asing lagi istilah notification ini bagi kalangan masyakat pada saat ini, yang selanjutnya akan kita sebut notif saja.

kemajuan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini. ada berbagai cara untuk bersilaturahmi ke berbagai teman, kerabat, relasi kerja dan semua orang yang ingin kita kenal dari berbagai belahan dunia. yang kita sebut sosmed (sosial media). ada begitu banyak sosmed yang tersedia yang bisa kita akses, seperti Whatsapp, BBM, Path
, Facebook, twitter, line dll. baik yang berbasis nomer handphone atau email. dan semua itu bisa kita akses hanya lewat smartphone, atau tablet yang sudah menjadi kebutuhan di era modern saat ini.

Dengan begitu banyaknya sosmed yang ada kita jadi jarang untuk mengecek satu persatu setiap account sosmed yang kita punya, nah dari situ mungkin timbulah ide tentang adanya notif. notif ada sebagai reminder bagi kita dalam dunia digital saat ini.
perkembangan notif pun begitu pesat, setiap provider sosmed dan aplikasi yang kita gunakan punya pengaturan notif masing - masing, agar kita bisa membedakan setiap notif yang ada dengan bunyi atau nada dering yang berbeda.

Saya sadari, dan mungkin anda sekalian juga mengalami, saat pertama kali saya mengenal smartphone, begitu antusiasnya mencoba berbagai aplikasi dan sosmed di smartphone tersebut, bahkan apabila ada notif di salah satu sosmed saya, langsung tanpa pikir panjang saya segera membuka notif tersebut dan membalas isi pesan dari notif itu. bahkan itu terjadi sampai saat ini, saat ada notif baik itu dari BBM, Whatsapp, Path, Facebook, email dll. saya segerakan diri untuk melihat isi notif itu.

Padahal notif yang saya terima hanya masalah persahabatan, pekerjaan dan mungkin hanya promosi yang hanya sifatnya duniawi, setelah dipikir - pikir ulang ada notif yang dari dulu hingga saat ini masih ada, notif yang bukan hanya sekedar urusan duniawi, yaitu Notifikasi ILahi yang biasa kita sebut Adzan.

Adzan adalah notifikasi kita sebagai umat Muslim untuk mendirikan sholat, beribadah kepada ALLAH. bukan hanya sekedar duniawi semata, ketika Adzan berkumandang apakah sama reaksi kita seperti saat menerima notif sosmed ? apakah kita bergegas ke masjid terdekat untuk melakukan shalat berjamaah dan sangat khawatir bila ketinggalan shalat berjamaah ?



Bila untuk urusan duniawi saja begitu besarnya antusias kita menanggapinya kenapa tidak dengan ibadah. karena pada dasarnya dunia hanya ujian semata dan tempat untuk persiapan bagi kita untuk ke kehidupan abadi yaitu akhirat.
coba kita pikirkan sejenak... sudah berapa lama kita lalai dengan notifikasi ILahi. 
sebuah panggilan, pemberitahuan sekaligus peringatan yang selalu kita dengar.
Jangan lantas pada saat kena musibah kita berkata Tuhan tak pernah adil terhadap kita, 
padahal saat kita diberi nikmat sehat, hidup nyaman kita sering lalai mengerjakan perintah perintah-NYA. ingat dalam Al-Quran ALLAH berfirman " tidakkah Aku menciptakan Jin dan Manusia, kecuali untuk beribadah kepada-Ku" ( QS. Adz-Dzariyat:56 )

Mari teman, kerabat, dan saudara se-iman sekalian, mari mulai hari ini kita ubah perilaku kita, sebelum malaikat Izrail menjemput kita, sebelum semua terlambat. kita bersama-sama memperbaiki diri, perilaku dan bersegeralah dalam ibadah karena sampai saat ini tidak ada notif untuk datangnya ajal, jadi kita tak akan pernah tahu kapan akhir waktu kita di dunia ini.
-Dehuji




4 comments:

Unknown said...

Tulisanny bagus.. gemar merangkai huruf kyna nih org :D

Unknown said...

Assalamualaikum...
Iya terima kasih, Alhamdulilah semoga tulisan ini bermanfaat bagi yg membaca.
kebetulan baru belajar nulis, bila ada kesalahan boleh di koreksi ya..

Unknown said...

Waalaikumsalam..izin share biar semakin bnyk yg menjadikan tulisan ini reminder ke dlm diri seseorang yg ngebaca ny.. aamiin

Unknown said...

Alhamdulillah... Iya gpp di share.. Semoga Bermanfaat ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...